Soal Uji Kompetensi Pengelola LKP

Respons: 0 komentar
Soal Uji Kompetensi Pengelola LKP.

Di bawah ini adalah contoh soal uji kompetensi pengelola LKP.

Soal uji kompetensi pengelola LKP terbagi dua bagian meliputi 4 aspek penilaian uji kompetensi pengelola yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, sosial.

A. Pilihan ganda 50 soal
Bila nilai >= 70 maka kompeten
Bila nila < 70 maka belum kompeten
B. Essai 10 soal

A. Pilihan Ganda
ASPEK KEPRIBADIAN

1. Di bawah ini adalah arti kompetensi
a. ahli dan profesional
b. pengetahuan, keterampilan dan sikap
c. loyalitas, ahli dan trampil
d. ahli di bidangnya

2. Sikap manusia yang memiliki keteladanan adalah sikap manusia yang memiliki:
a. adat istiadat
b. kekeluargaan
c. norma dan aturan
d. prinsip hidup

3. Bagaimana kita mempertahaankan sikap pribadi positif kecuali
a. utamakan tanggung jawab
b. bergaul dengan orang-orang positif
c. menikmati waktu dan aktivitas
d. emosi berlebihan

4. Ciri-ciri orang yang bersikap positif kecuali
a. percaya diri
b. selalu melihat yang terbaik
c. berpengalaman
d. fokus pada solusi

5. Apabila penilaian terhadap diri saya jelek maka saya akan bertindak...
a. mawas diri
b. mengikuti les
c. belajar lebih giat lagi
d. tidak peduli

6. Sub kompetensi kepribadian yang perlu dikembangkan
a. memahami pentinganya keteladanan dalam mengelola LKP
b. memahami pentingnya integritas dan keterbukaan dalam mengelola LKP
c. mampu menyiapkan diri, bertindak secara proaktif dan reflektif dalam mengelola dan memimpin LKP
d. jawaban a, b, c benar

7.Yang merupakan unsur pengendalian diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebegai pengelola LKP
a. memiliki stabilitas emosi dalam setiap menghadapi masalah sehungan dengan tugas pokok dan fungsi
b. teliti, cermat, hati-hati dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi
c. tidak mudah putus asa dalam menghadapi segala bentuk kegagalan sehubungan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
d. jawaban a, b, c benar

8. Kepribadian yang mantap dan stabil
a. Bertindak sesuai norma hukum
b. Konsistensi dalam bertindak sesuai norma hukum
c. bertindak sesuai norma religius
d. jawaban a, b benar

9. Kepribadian yang arif, berwibawa dan dewasa
a. menampilkan tindakan yang berbasis pada kepentingan peserta didik, lembaga dan masyarakat
b. memiliki perilaku positif bagi peserta didi dan disegani
c. memiliki etos kerja yang tinggi
d. jawaban a, b, c benar

10. Bila saudara merecrut calon pengelola LKP apa yang menjadi syarat kepribadian yang harus dimiliki?
a. wajah cantik atau ganteng
b. memiliki kendaraan pribadi
c. berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur dan menjadi teladan
d. mampu bekerjasama.

ASPEK MANAJERIAL

11. Suatu pernyataan tentang gambaran keadaan dan karakteristik yang ingin dicapai oleh suatu lembaga pada jauh di masa yang akan datang adalah
a. tujuan
b. misi
c. visi
d. sasaran

12. Peningkatan kualitas sumber daya manusia pada suatu LKP adalah
a. peningkatan kompetensi peserta didik
b. peningkatan kompetensi tenaga pendidik
c. peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
d. jawaban b, c benar

13. Salah satu strategi membangun kemitraan adalah dengan menjadi anggota komunitas tertentu seperti forum HIPKI, HISSPI, HIPMI dan sebagainya untuk
a. mendapatkan bantuan sosial
b. mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya
c. kumpul-kumpul melepas lelah
d. menambah relasi dan memperluas wawasan

14. Daftar mata pelatihan atau seperangkat rencana dan pengaturan mengenai materi pembelajaran, kompetensi dasar, alokasi waktu disebut
a. kurikulum
b. RPP
c. silabus
d. materi pembelajaran

15. Salah satu sarana yang harus dimiliki oleh LKP adalah
a. gedung
b. ruang teori
c. ruang praktek
d. bahan ajar (modul, diklat, handout)

16. Suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh LKP dalam usahanya mewujudkan visi disebut
a. tujuan
b. misi
c. visi
d. strategi

17. Salah satu penyebab sehingga banyak lulusan lembaga kursus yang tidak terserap ke dunia kerja yaitu
a. sarana dan prasarana yang tidak memadai
b. LKP belum memiliki akses yang luas dengan DUDI
c. LKP belum memiliki sistem informasi manajemen yang baik
d. Tenaga pendidik yang tidak kompeten

18. Kekuatan dan kelemahan LKP ditentukan oleh beberapa hal yaitu
a. sumber daya manusia
b. fasilitas yang dimiliki
c. program kursus yang diselenggarakan
d. jawaban a, b, c benar

19. LKP harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan sekitarnya dengan cara
a. menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan melalui kerja bakti dan penghijauan
b. pemberian beasiswa bagi masyarakat sekitar yang tidak mampu
c. jawaban a, b benar
d. menurunkan harga kursus

20. Semua pekerjaan di LKP bersifat
a. melayani peserta didik
b. menghasilkan produk
c. melatih peserta didik
d. jawaban a, b, c benar

21. Mengembangkan promosi lembaga melalui koran, radio, brosur dan spanduk adalah kegiatan bidang
a. keuangan
b. humas dan pemasaran
c. pelayanan
d. pendidikan

22. Sebuah uraian atau penjelasan yang ditulis untuk merencanakan aktivitas untuk periode tertentu disebut
a. SOP (standar operating procedure)
b. Rencana kerja lembaga
c. Rencana strategis lembaga
d. sistem informasi manajemen

23. SOP atau pedoman prosedur kerja rutin berfungsi untuk
a. memasarkan produk lembaga
b. mengevaluasi pekerjaan yan telah dilakukan
c. menyusun jadwal/program tahunan lembaga
d. menyusun program kerja lembaga

24. Salah satu alat promosi yang harus diketahui oleh manajer LKP adalah
a. program yang dilaksanakan lembaga
b. hubungan masyarakat
c. sarana prasarana
d. semua jawaban benar

25. Pengembangan daya saing LKP dapat dilakukan dengan cara
a. peningkatan sarana prasarana
b. inovasi produk
c. penambahan jumlah bahan ajar
d. semua jawaban benar

26. Salah satu prinsip dasar yang harus diterapkan dalam pengelolaan kursus yaitu
a. meningkatkan kompetensi pendidik
b. menerapkan pelayanan khusus/spesifik kepada peserta didik
c. survey kepuasan peserta didik
d. semua jawaban benar

27. Kekuatan dan kelemahan LKP ditentukan oleh 4 hal pokok yaitu
a. Lokasi strategis, biaya kursus mahal, calon peserta, gedung yang bagus
b. SDM, fasilitas, program kursus, lulusan yang dihasilkan
c. SDM, pemilik LKP, selalu mendapat blockgrant, biaya kursus murah
d. Dibina langsung pejabat, dekat dengan pihak pemerintah, lulusan banyak, promosi besar-besaran

28. Salah satu usaha dalam memuaskan peserta ddidik yaitu
a. survey kepuasan peserta didik
b. menentukan dan mengantisipasi kebutuhan peserta didik
c. pelayanan peserta didik
d. semua jawaban benar

29. Membangun kemitraan diantara pihak-pihak yang bermitra dituangkan dalam bentuk... guna mencapai kesuksesan bersama.
a. nota leaflet
b. nota kesepahaman
c. nota ketertarikan
d. semuanya benar

30. Mengapa membangun kemitraan menjadi sangat penting bagi LKP?LKP tidak bisa eksis ditengah tingkat persaingan yang begitu berat tanpa membangun kemitraan. Hal ini disebabkan salah satunya adalah
a. sumber daya LKP yang sudah terlatih
b. tingginya kesenjangan kompetensi antara lulusan LKP dengan kebuthan pasar kerja
c. tidak tersedianya berbagai potensi sumber daya di masyarakat yang dapat disinergikan dengan LKP
d. banyak LKP yang selalu mendapatkan job order

ASPEK KEWIRAUSAHAAN

31. Sebutkan diantara jenis-jenis pemasaran yang dilakukan lembaga pendidikan kecuali
a. sebar brosur di parkiran sekolah dan kampus
b. membagi-bagikan hadiah, ulang tahun pemilik lembaga
c. memasaang pamplet, rontek, baliho
d. membagi-bagikan stiker lembaga di mobil, bis, sepeda motor

32. Hal-hal yang harus dihindari dalam melakukan branding dan pencitraan lembaga ke publik
a. promosi
b. membuat website dan media sosial
c. membuat baliho dan spanduk
d. memperlihatkan ke lembaga lain kendaraan baru kita

33. Siapakah yang bertanggung jawab dalam membuat rencana kerja lembaga?
a. pimpinan tertinggi lembaga
b. manajer personalia
c. kepala bagian pemasaran
d. semua kepala bagian dan pimpinan

34. Di bawah ini adalah sikap yang harus dilakukan oleh lembaga dalam menemukan inovasi baru kecuali
a. melakukan peningkatan budgeting untuk marketing
b. melakuan study banding ke lembaga lain
c. melakukan rapat dan koordinasi setiap hari
d. membuat absensi rutin karyawan untuk lebih disiplin

35. Dibawah ini beberapa contoh media promosi untuk menarik konsumen ke lembaga kecuali
a. iklan radio, tv, koran
b. sosialisasi di sekolah, kampus, di masyarakat
c. pemasangan pamplet, spanduk
d. membeli mobil pimpinan, membuka usaha dan bisnis dan cabang baru, mengubah nama lembaga

36. Menurut saudara mengapa perkembangan kewirausahan di Indonesia kurang berkembang dengan pesat?
a. sedikit orang kaya
b. menjalankan seadanya dan lebih mendahulukan keberanian
c. jadi pegawai lebih nyaman
d. tidak ada peluang usaha/bisnis

37. Agar LKP mampu bertahan dan dapat berkembang dengan baik LKP tersebut perlu melakukan
a. pinjaman bank
b. pimpinan yang profesional
c. menciptakan inovasi dan menyusun rencana
d. investasi

38. Di bawah ini adalah bentuk pola pikir wirausaha kecuali
a. pemikir mandiri
b. memiliki keberanian dalam mengambil resiko
c. kreatif dan inisiatif
d. berani dan tidak takut rugi

39. Sebagai seorang wirausahawan yang sukses perlu melakukan pencitraan terhadap usahanya dengan tujuan
a. gedung yang besar
b. memberikan layanan terbaik kepada masyarakat
c. gaji karyawan yang tinggi
d. mendapat keuntungan

40. Di bawah ini merupakan mitos yang salah mengenai kewirausahaan kecuali
a. entrepreneur yang sukses itu karena guratan nasib
b. entrepreneur itu adalah bersifat keturunan
c. menjadi entrepreneur  setelah ada peluang bagus
d. kerja keras, inovasi, kreatif

ASPEK SOSIAL

41. Di bawah ini termasuk komponen dalam berkomunikasi kecuali
a. communicator
b. character
c. communicant
d. content

42. Tujuan kita melakukan komunikasi adalah
a. mendapat ilmu
b. menemukan
c. mencari tahu
d. pengumuman

43. Manfaat kita menjalin kerjasama dengan lembaga atau institusi lainnya
a. menambah kekuatan
b. mengalahkan pesaing
c. memperluas jaringan dan mendapat keuntungan
d. solidaritas

44. Di bawah ini cara meningkatkan komunikasi kecuali
a. membaca
b. mendengarkan
c. percakapan
d. menyanyi

45. Di bawah ini adalah bentuk komunikasi verbal kecuali
a. berbicara langsung dengan audiens
b. tatap muka
c. audio visual
d. menulis surat

46. Upaya peningkatan kompetensi sosial dilakukan dengan cara
a. mengembangkan kecerdasan sosial
b. mengikuti pelatihan berkaitan dengan kompetensi sosial guru
c. beradaptasi di tempat tugas
d. jawaban a, b, c benar

47. Hal-hal di bawah ini dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan sosial kecuali
a. menghargai perbedaan sehingga berkembang keunikannya, kreatifitasnya dan individualisasinya
b. melatih diri untuk memunculkan rasa solidaritas dan toleransi
c. memiliki keterbukaan sehingga masing-masing pihak bebas bertindak dan saling menjaga kejujuran
d. merasa saling membutuhkan dalam pemenuhan kebutuhannya

48. Hal-hal di bawah ini dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan sosial kecuali
a. menghargai perbedaan sehingga berkembang keunikannya, kreatifitasnya dan individualisasinya
b. melatih diri untuk memunculkan rasa solidaritas dan toleransi
c. memiliki keterbukaan sehingga masing-masing pihak bebas bertindak dan saling menjaga kejujuran
d. merasa saling membutuhkan dalam pemenuhan kebutuhannya

49. Pernyataan yang tidak dianggap benar mengenai kompetensi sosial adalah
a. kompetensi sosial mempunyai hubungan yang erat dengan penyesuaian sosial dan kualitas interaksi antar pribadi
b. kompetensi sosial yang tinggi mampu mengekspresikan perhatian sosial yang lebih banyak, lebih simpatik, lebih suka menolong dan lebih dapat mencintai
c. ukuran kemampuan diri seseorang dalam pergaulan di masyarakat dan kemampuan berinteraksi sosial dengan orang-orang di sekelilingnya
d. keefktifan dalam berinteraksi, hasil dari perilaku teratur yang memenuhi kebutuhan pada masa perkembangan dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang

50. Di bawah ini bukan merupakan komponen dan indikator social intelligence eksternal
a. adanya pengaruh untuk bersosialisasi
b. menyelesaikan permasalahan dalam berinteraksi sosial
c. bersosial karena adanya faktor yang lain (sapaya mendapat sanjungan dan pujian dari orang lain)
d. jawaban a, b, c.

B. Esai

1. Apa yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian seorang pengelola LKP?

2. Sebutkan beberapa aspek kompetensi kepribadian pengelola LKP?

3. Bila saudara menjadi seorang manajer pemasaran langkah apa saja yang harus saudara lakukan dalam membuat suatu rencana pemasaran untuk satu tahun, sebutkan langkah dan tahapannya.

4. Seorang pengelola LKP yang sudah berdiri lebih dari 15 tahun mengalami suatu penurunan jumlah peserta didik setiap tahunnya yang cukup signifikan, menurut saudara apa yang harus dilakukan bila saudara sebagai pengelola LKP jelaskan dan berikan tahapannya dalam penyelesaian masalah tersebut

5. Bagaimana memulai komunikasi yang baik dengan DUDI dalam menjalin kerjasama lembaga?

6. Bagaimana cara meningkatkan citra yang baik terhadap dunia industri dan dunia usaha dalam kemitraan?

7. Apa saja peran penting pengelola LKP di tengah masyarakat? (sebutkan dan jelaskan contoh 3 peran penting tersebut)

8. Business plan/program kerja usaha yang dijalankan oleh lembaga dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas meliputi perencanaan keluar dan kedalam. Buatlah 3 program perencanaan ke luar dan ke dalam lembaga.

9. Resiko yang dihadapi lembaga adalah semakin merosotnya kualitas dan kuantitas sehingga banyak terjadi penutupan lembaga, hal ini disebabkan oleh banyak kriteria. Sebutkan 4 hal apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki lembaga?

10. Sebutkan 5 cara yang dapat dilakukan dalam melakukan evaluasi kinerja? dan hasil yang telah dicapai sebuah lembaga dalam menjalankan usaha?

Apakah Anda ingin mengetahui jawaban soal uji kompetensi pengelola LKP?

a. Jawab semua soal uji kompetensi pengelola LKP
b. Kirimkan jawaban soal uji kompetensi pengelola LKP ke email : taswinfamikom@yahoo.co.id
c. Periksa hasil uji coba kompetensi pengelola LKP. Hasil jawaban Anda akan kami kirim ke alamat email anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib