Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan

Respons: 30 komentar
Setelah 3 tahun merencanakan untuk membuat software bagi lembaga kursus dan pelatihan akhirnya 'keinginan terpendam' menyusun program SIMKP ini selesai juga, kebetulan 2 bulan ini lagi off membuat software.

SIMKP singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan. SIMKP merupakan software aplikasi berbasis database yang dirancang khusus untuk membantu manajemen lembaga kursus dan pelatihan dalam mendapatkan informasi mengenai kegiatan usaha lembaga guna membantu dalam mengambil keputusan. Berbeda dengan sistem manual dengan SIMKP akan didapat informasi secara praktis, cepat, akurat, efisien dan efektif.

Praktis artinya mudah digunakan oleh siapa saja tanpa perlu keahlian khusus komputer. Dengan software ini seorang operator cukup melakukan input data di form-form yang tersedia dan secara otomatis laporan terbentuk tinggal cetak ke printer. Laporan dapat dicetak kapan saja tanpa ada batasan waktu dan tidak hilang karena sudah autobackup.

Cepat artinya berhubungan dengan output berupa laporan yang dapat ditampilkan dengan cepat tanpa membuat atau menyusun sendiri karena sudah dibuatkan sesuai dengan format laporan yang baku bahkan Andapun bisa merancang laporan sendiri. Cepat berhubungan juga dengan proses input menjadi output yang dirancang sekali input maka otomatis output terbentuk, tidak melalui proses berkali-kali yang seringkali dirasakan rumit bagi orang yang sudah pernah menjalankan program aplikasi.

Efisien artinya hemat waktu. bisa dibayangkan jika anda diminta membuat laporan rekap siswa selama 5 tahun terakhir. jika menggunakan cara manual butuh waktu berjam-jam untuk menghitung jumlah siswa dari tahun ke tahun yang diambil datanya dari buku induk siswa. Dengan menggunakan software ini maka beberapa detik saja laporan bisa ditampilkan dan dicetak.

Efektif artinya berhasil guna dimana dengan software aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi manajemen dan siapa saja yang berkepentingan. Software SIMKP dirancang sesuai kenyataan di lapangan karena kami terlibat langsung dalam kepengurusan/kepemilikan lembaga kursus dan pelatihan. Software SIMKP dapat disesuaikan penggunaannya bagi berbagai jenis lembaga dan kejuruan dengan sistem pembayaran biaya pendidikan bulanan maupun paket.

Ruang lingkup SIMKP
1. Administrasi siswa dimulai sejak pendaftaran hingga pelaporannya.
2. Keuangan dimulai dari penerimaan dan pengeluaran kas hingga pelaporan keuangan.
3. Administrasi lainnya.

Fasilitas  SIMKP

1. Pengaturan awal. Berisi pengaturan pertama kali sebelum melakukan input data disesuaikan dengan kebutuhan/keperluan lembaga masing-masing, seperti profil lembaga, kejuruan, kurikulum, biaya pendidikan dan lain-lain. Berikut contoh screen shot pengaturan awal.

Contoh pengaturan kejuruan

2. Biodata Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Berisi biodata setiap instruktur dan tenaga kependidikan dilengkapi dengan pasfoto.
Biodata berisi data pribadi, data pendidikan, data pengalaman kerja, data pengalaman pelatihan/kursus/seminar/workshop.

3. Job description pengelola lembaga. Berisi uraian tugas dan tanggung jawab dari semua pengelola lembaga diurai secara detail tanpa batasan jumlah record.


4. Data siswa. Berisi data siswa yang mengikuti kursus dan pelatihan. Data siswa disusun berdasarkan kejuruan, level/tingkat/sub program dan jenis kelas.

5. Jadwal kursus dan pelatihan. Berisi jadwal kursus dan pelatihan dari hari senin-sabtu dilengkapi kode materi dan kode instruktur.

6. Pendaftaran ujian. Berisi data siswa aktif yang telah melunasi biaya pendidikan dan berhak mengikuti ujian akhir. Pendaftaran ujian bisa dilakukan per individual maupun per kejuruan.

7. Sertifikat. Berisi proses pemasukan nilai ujian untuk setiap siswa yang telah mengikuti ujian dan lulus dan kemudian terbit sertifikat. Sertifikat dapat dirancang sendiri sesuai dengan format masing-masing lembaga. Sertifikat terdiri dari bagian depan (data siswa dan tanda tangan pimpinan lembaga) dan bagian belakang (daftar nilai).

8. Success story lulusan. Berisi daftar siswa yang telah sukses bekerja dan berusaha mandiri. Laporannya bisa dicetak per tahun, per bulan.

9. Sarana prasarana. Berisi daftar sarana prasarana yang dimiliki lembaga seperti ruangan dan peralatan.

10. Daftar inventaris ruangan. Berisi daftar secara rinci inventaris atau barang-barang yang ada di setiap ruangan.

11. Laporan siswa. Berisi laporan lengkap mengenai siswa baik berbentuk rekapan maupun rincian. Contoh rekap peserta per kejuruan, semua kejuruan per tahun, semua tahun, per bulan. Contoh rincian daftar siswa per kejuruan, semua kejuruan per tahun, per bulan, semua tahun.

12. Keuangan.

Sistem keuangan dalam SIMKP disebut Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang akan menghasilkan laporan keuangan.

Ada empat proses dalam Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

1. Proses penyusunan akun. Akun disusun dalam bentuk kode akun dan nama akun sebagai berikut:
- kode akun 1: akun harta
- kode akun 2: akun utang/kewajiban
- kode akun 3: akun modal
- kode akun 4: pendapatan
- kode akun 5: harga pokok penjualan (khusus jika ada penjualan barang)
- kode akun 6 : biaya-biaya.
Selanjutnya kode akun diuraikan ke dalam rincian akun/akun detail sebanyak 5 digit. Contoh akun harta disusunnya menurut likuiditasnya sebagai berikut:
10100 s.d 10103 Kas, Kas Kecil
10200 s.d 10299 Bank
10300 s.d 10399 Perlengkapan
10400 s.d 10405 Piutang siswa, Piutang lain-lain
10500 s.d 10599 aktiva tetap. dan seterusnya
Mungkin ada yang bertanya, apakah harus menyusun sendiri akun-akun tersebut? jawabnya tidak karena kami sudah menyusun akun-akun tersebut secara lengkap, kalau tidak cocok tinggal mengubah nama akunnya dan menambah jika perlu. Proses penyusunan akun hanya dilakukan satu kali saja. Mudah bukan?

2. Proses pembuatan neraca awal. Neraca awal adalah neraca pertama kali dibuat di dalam sistem informasi akuntansi (SIA). Sumber datanya diambil dari saldo-saldo akun yang ada pada lembaga saat ini. misalnya saldo kas, saldo bank. Proses pembuatan neraca awal hanya dilakukan satu kali.

3. Proses input data penerimaan dan pengeluaran kas.

Karena pada umumnya aktivitas keuangan antara siswa dan lembaga dilakukan secara tunai maka proses input data hanya berupa penerimaan kas. Demikian pula untuk pengeluaran berupa biaya-biaya seperti pembelian ATK/perlengkapan kantor, pembelian aktiva dilakukan secara tunai maka proses input data hanya berupa pengeluaran kas. Selain kas maka proses input data melalui jurnal umum.


4. Proses input jurnal umum.

Jurnal umum diperlukan untuk menjalankan proses input data selain penerimaan dan pengeluaran kas misalnya penyusutan.

Proses input data yang rutin dilakukan sehari-hari adalah penerimaan dan pengeluaran kas. Dalam proses input data ini anda tidak direpotkan dengan memikirkan apakah penerimaan ini disebelah debet atau kredit seperti lazimnya membuat jurnal. semuanya serba praktis, anda cukup menyiapkan bukti transaksi (kuitansi, nota, faktur) memasukkan ke dalam form selanjutnya biarkan sistem bekerja otomatis.

Hasil dari proses input data adalah output berupa laporan keuangan.

Laporan penerimaan kas. Berisi rekap penerimaan kas dan rincian penerimaan kas.
Laporan pengeluaran kas. Berisi rekap pengeluaran kas dan rincian pengeluaran kas.

Laporan neraca. Berisi posisi keuangan pada periode tertentu dilihat dari besarnya aset/harta, utang dan modal. Neraca dibuat dengan 3 model yaitu model uraian.bertahap, model T dan ringkasan.

Laporan laba rugi. Berisi hasil perhitungan pendapatan dan biaya-biaya dibuat dengan 2 model yaitu bertahap dan rekap.

Laporan perubahan modal.Berisi perubahan modal dari awal periode sampai akhir periode.

Laporan aliran kas. Berisi aliran kas masuk dari penerimaan kas dan aliran kas keluar dari pengeluaran kas. Penerimaan kas berasal dari penerimaan biaya pendidikan, pendaftaran, ujian, buku dan lain-lain.






Laporan analisis rasio. Melalui laporan ini dapat diketahui sehat tidaknya lembaga dari sisi keuangan.Misalnya likuiditas. Dengan likuiditas dapat diketahui kemampuan lembaga dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. makin besar rasio akan makin baik likuiditasnya.


 Salah satu laporan yang sulit dibuat tetapi sangat penting adalah laporan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Lembaga (RAPBL). RAPBL dibuat satu tahun sekali pada akhir tahun atau awal tahun. RAPBL merupakan pedoman bagi lembaga dalam merencanakan pengeluaran/belanja selama satu tahun berdasarkan rencana penerimaan/pendapatan. Kini dengan SIMKP, RAPBL mudah dibuat.
 Rekan-rekan sekalian, bagaimana pendapatnya mengenai SIMKP buatan kami? tentu dengan senang hati kami menerima saran dan kritik untuk penyempurnaan software ini di masa yang akan datang.

Akhirnya semoga sumbangsih kecil ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemajuan lembaga kursus dan pelatihan di Indonesia.

Ayo.... ditunggu komennya???

Software original ini dipersembahkan oleh LPK Famikom, dijamin bebas error dan bergaransi seumur hidup.


















































30 komentar:

  1. bagaimana cara mendapatkan SIMKP

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf dgn siapa dan dari lembaga mana?silakan mengajukan kemudian kami akan memproses permohonannya.

      Hapus
  2. saya sandi, dr LKP lccom, saya melihat sistem ini sangat cocok utk pengelolan manajemen LKP, it bisa free atau bagaimana,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Sandi yth, software ini belum bisa Free. Jika tertarik silakan ajukan kepada kami untuk diproses. Masalah pembiayaan akan kami rundingkan dulu karena software ini belum di launching.

      Hapus
  3. Kami dr "Paradise Computer Course Malang"
    Minat dgn aplikasi tsb.
    Mohon ditindak lanjuti ke email : fry_dharma@yahoo.com
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  4. Kami dr "Paradise Computer Course Malang"
    Minat dgn aplikasi tsb.
    Mohon ditindak lanjuti ke email : fry_dharma@yahoo.com
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas respon bapak. kami akan segera menindaklanjuti permintaan bapak mengenai SIMKP. mohon ditunggu

      Hapus
  5. Kami dari LKP Sehat Harmoni Indonesia Malang.
    Kami tertarik dengan aplikasi teersebut. mohon ditindaklanjuti ke e-mail : yahya.septiawan30@gmail.com. trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  6. Saya dari LKP IES (Ikomat Education Solution), jika berkenan ingin memanfaatkan aplikasi tersebut.

    Mohon dikirim ke setiawan.wawan@gmail.com

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  7. Saya dari LKP IES (Ikomat Education Solution), jika berkenan ingin memanfaatkan aplikasi tersebut.

    Mohon dikirim ke setiawan.wawan@gmail.com

    Terimakasih.

    BalasHapus
  8. saya dari LKP LP3A Surabaya, bagaimana caranya untuk mendapatkan software SIMPK tersebut? mohon informasinya dapat di email ke lp3a@sby.dnet.net.id.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  9. Salam.. Sy dari lkp amani, mohon info bgmn bs mndptkn aplikasi trsbut... Brp biaya nya..
    amanibatam@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  10. salam.. saya dari LKP Perbatasan Mandiri, mohon info bgmn bs mendapatkan applikasi tersebut.. ditunggu responnya Di walistanawaty@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. penawaran SIMKP telah di email, semoga berkenan.

      Hapus
  11. Salam, saya dari LPK. Darul Ilmi, mohon infonya untuk aplikasi kursus ini ke soeyoeno@gmail.com , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  12. Informasi harga dan penawaran SIMKP telah kami kirim ke email masing-masing. terima kasih

    BalasHapus
  13. Mohon informasi harga SIMKP
    kami dari lkp Alpha-M Komputer Riau
    h3rwindo@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  14. MOHON INFORMASINYA MENGENAI HARGA SIMPKP ke wlckomp@gmail.com

    BalasHapus
  15. salam.. saya dari LKP Via's Computer, mohon info bgmn bs mendapatkan applikasi tersebut.. ditunggu responnya Di erti_syovia@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan software SIMKP silakan buka di http://lpkfamikom.blogspot.co.id di artikel "SIMKP format akreditasi" di bagian bawah ada link untuk mendownload software.

      Hapus
  16. salam.. saya dari LKP maitreyawira, mohon info bgmn bs mendapatkan applikasi tersebut.. ditunggu responnya Di yanto_lau@yahoo.co.id

    BalasHapus
  17. ASS, KAMI TERTARIK DGN APLIKASI MANAJEMEN KURSUSNYA, BAGAIMANA CARA MENDAPATKANYA ? BERAPA HARGA LISENSINYA ? SALAM KOMPETEN ! LKP GAJAH MADA 94

    BalasHapus
  18. Sy baru membuka lkp cahaya bunda. Tertarik dgn simkp. Mhn info ke lkpcahayabunda@gmail.com ditunggu ya Pak. Lkp kami bidang tata kecantikan. Terima kasih Pa

    BalasHapus

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib