LPK Famikom terbitkan Software Pujasera Versi 1.7

Respons: 0 komentar
Memasuki tahun baru 2017, LPK Famikom telah menyelesaikan software atau aplikasi Pujasera yang merupakan pesanan client kami dari Bekasi. Pertama-tama kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Frontera Cafe dan Be'ffest Bekasi Town Square (Betos) Bekasi yang telah menggunakan Aplikasi Pujasera buatan LPK Famikom dan atas kontribusinya memberikan masukan kepada kami sehingga Aplikasi Pujasera ini lebih baik.

Aplikasi Pujasera versi 1.7 merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Pujasera versi 1.6 dan sebelumnya. Penyempurnaan ini bertujuan agar aplikasi ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan customer (customize).

Meskipun namanya Aplikasi Pujasera namun bisa diaplikasikan untuk Cafe, Restoran, Rumah makan, Kantin, Toko Kue, Toko Makanan, Toko Snack dll.

Ciri-ciri Aplikasi Pujasera buatan LPK Famikom

1. Prinsip keuntungan bagi hasil antara tenant/pedagang dengan pengelola. Tenant/pedagang memberikan fee dalam bentuk persentase kepada pengelola. misalnya fee 30%. Kalau barang yang dijual (menu) 100% milik pengelola maka fee nya diisi nol.

2. Tenant/pedagang memproduksi sendiri barang dagangan (menu). Jadi pengelola tidak perlu mencatat harga pokok produksi barang dagangan. Pencatatan harga produksi dilakukan oleh tenant/pedagang.

3. Pengelompokkan barang dagangan tidak dibuat kategori khusus tetapi berdasarkan ID tenant/pedagang. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat user aplikasi untuk melakukan pencarian data saat transaksi penjualan.

4. Adanya pencatatan stok etalase misalnya Aqua botol, Snack, Teh kotak, Teh botol. Stok etalase biasanya dimiliki oleh pengelola. Bila ada penjualan secara otomatis akan mengurangi stok barang etalase. Demikian pula jika ada barang masuk akan menambah stok barang etalase.

5. Kasir terpusat. Tenant/pedagang fokus memproduksi barang dagangan dan menyiapkan menu sedangkan pengelola fokus pada pencatatan transaksi penjualan atau pesanan menu dari konsumen di komputer serta menyediakan tenaga waiter (pelayan). Jadi ada pembagian tugas yang jelas. Pada sebagian pujasera, tenaga waiter disediakan oleh tenant/pedagang, tergantung kesepakatan antara pengelola dan tenant/pedagang.

6. Hak akses. Ternyata hak akses menggunakan aplikasi Pujasera merupakan hal yang penting. Seorang kasir misalnya tidak diperkenankan mengubah transaksi yang sudah dibayar konsumen. Kalau kasir mudah mengubah transaksi akan berakibat kerugian bagi pengelola dalam bentuk cash yang hilang karena ia bisa membatalkan transaksi sehingga uang cash tidak masuk pengelola.

7. Jaringan. Jaringan artinya berbagi pakai. Database hanya satu diakses oleh lebih dari satu user dari komputer lain. Jadi setiap user bisa menggunakan aplikasi Pujasera di lebih dari satu komputer. Selama ini yang terjadi adalah transaksi bersamaan yang dilakukan oleh 2 user menyebabkan crash atau bentrok karena nomor bukti transaksi nya sama. Permasalahan ini diatasi dengan cara menambahkan "kode jaringan" di setiap user. Misal user A kode jaringan 1, user B kode jaringan 2. Dengan menambahkan kode jaringan meskipun transaksi dilakukan bersamaan maka nomor transaksi akan berbeda. Misal user A nomor transaksi 0011. User B nomor transaksi 0012.

8. Jenis pembayaran. Jenis pembayaran oleh konsumen terdiri dari cash, kartu kredit, kartu debit.

- Pembayaran cash akan otomatis menambah saldo kas.
- Pembayaran kartu kredit otomatis menimbulkan tagihan ke bank.
- Pembayaran debit card tidak menambah saldo kas dan tidak menimbulkan tagihan ke bank, transaksi nya dipersamakan dengan cash.

9. Pengenaan charges atau potongan kepada konsumen dan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) untuk setiap transaksi penjualan. Besarnya charges dalam bentuk persentase bisa diatur sesuai dengan kebijakan masing-masing pujasera.

10. Berlaku pending transaksi. Artinya transaksi penjualan ditangguhkan pembayarannya oleh konsumen. Hal ini berlaku jika konsumen makan/minum duluan baru bayar kemudian. Berbeda dengan kita belanja di toko supermarket, saat terima barang saat itu bayar. Kalau di Pujasera atau Cafe, pembayaran bisa saat konsumen sedang makan/minum atau setelah makan/minum sebelum pulang. Biasanya waiter yang membawa nota pesanan.

Alur Pujasera






Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pujasera

1.  Pengaturan awal
  • Mengisi data pemilik perusahaan Pujasera antara lain nama Pujasera/Cafe, alamat, nomor telepon.

   Caranya:
- Klik tombol Edit, ubah data yang ada lalu Simpan.
  • Mengisi berbagai jenis transaksi kas misalnya modal awal pagi hari (untuk kembalian ke konsumen), setor ke kas, biaya listrik, biaya telepon, gaji karyawan dan lain-lain.

Caranya:
- Klik di tab Transaksi Kas
- Klik Tambah
- Ketik nama transaksi, pilih jenis transaksi
- Klik Simpan
  • Mengisi nama-nama credit card, debit card beserta penentuan besarnya charges.

Caranya:
- Klik tab Debit/Credit Card
- Klik Tambah
- Ketik nama card misalnya Mandiri card, pilih jenis card misalnya credit card, ketik angka besarnya charges tanpa simbol %.
- Klik Simpan
  • Memilih nota transaksi/struk penjualan dalam hal ukuran struk, cara cetak, besarnya charges/service, diskon, PPN.

Caranya:
- Pilih cara cetak lalu Simpan
- Pilih ukuran struk lalu Simpan
- Pilih PPN dan besarnya tarif atau tanpa PPN lalu Simpan
- Pilih service/tanpa service lalu Simpan
- Pilih  diskon/tanpa diskon lalu Simpan

2. Hak Akses. Hak akses Menggunakan program dan fitur diatur oleh manager.

Caranya:
- Pilih hak akses dari desktop
- Pilih user misalnya kasir1.
- Tentukan hak akses dengan cara memberi tanda checklist
- Klik Simpan

3. Mengisi Daftar Tenant/Pedagang beserta penentuan fee dan daftar barang dagangan (menu).

Caranya:
- Pilih daftar Tenant dari desktop
- Klik Tambah untuk mengisi Tenant dan barang dagangan. Isilah kode tenant, nama tenant, alamat, kota dan besarnya komisi/fee pengelola (wajib), lalu Simpan. Lanjutkan mengisi data barang dagangan dan tidak perlu simpan lagi karena sudah otomatis simpan.
- Ketik nama tenant di kolom kata kunci untuk mencari nama tenant dan mengedit data tenant.

4. Menjalankan transaksi barang masuk. Fungsinya untuk mengisi daftar stok barang etalase.


Caranya:
- Pilih barang masuk etalase dari desktop
- Klik tombol Baru untuk memulai pengisian data.
- Lengkapi keterangan di kolom masuk dari
- Tekan Enter untuk mencari data sampai muncul form pencarian, lanjutkan pencarian lalu Input
- Isikan banyaknya barang masuk (quntity) di kolom banyak satuan besar.
- Tekan Input untuk memasukkan data ke dalam tabel barang masuk.
- Akhiri Simpan untuk menutup transaksi dan menyiapkan kartu stok

5. Menjalankan transaksi penjualan.

Ada 2 cara untuk memasukkan data order pada transaksi penjualan.

Pertama, Komputer Touchscreen.

Caranya:
- Klik Tambah untuk memulai transaksi penjualan. Tanggal, jam, nomor bukti transaksi otomatis muncul di layar.
- Klik pada daftar menu, pilih banyaknya (quntity) atau klik + -, klik di layar kanan untuk memasukkan order. Cara lain, kursor di kolom kode menu. Ketik beberapa huruf nama menu, klik di daftar menu, pilih banyaknya atau klik + - lalu klik di layar kanan untuk memasukkan order.
- Klik Bayar tunai atau Bayar Card.
- Klik tombol Tambah untuk melanjutkan transaksi baru tanpa memproses pembayaran nota sebelumnya.  Nota yang tidak diproses masuk ke pending transaksi.

Kedua, Komputer Biasa bukan Touchscreen

Caranya:
- Klik Tambah untuk memulai transaksi penjualan. Tanggal, jam, nomor bukti transaksi otomatis muncul di layar.
- Kursor di kolom kode menu. Ketik beberapa huruf nama menu, klik di daftar menu, pilih banyaknya atau klik + - lalu klik di layar kanan untuk memasukkan order.
- Klik Bayar tunai atau Bayar Card.
- Klik tombol Tambah untuk melanjutkan transaksi baru tanpa memproses pembayaran nota sebelumnya. Nota yang tidak diproses masuk ke pending transaksi.

6. Melihat Laporan Kasir. Laporan kasir berisi saldo kas setiap kasir. Jumlah uang yang ada di laporan kasir mesti sama dengan jumlah uang di laci uang (cash drawer). Jika berbeda perlu ditelusuri dari nota penjualan yang mungkin masih pending atau belum diproses pembayaran.


7. Melihat Laporan Penjualan. Laporan Penjualan berisi hasil proses dari transaksi penjualan, bisa dicetak setiap saat dan ditampilkan berdasarkan periode tertentu.Di Laporan Penjualan kita bisa mengetahui bagi hasil keuntungan antara pengelola dengan Tenant disertai besarnya kewajiban pengelola kepada tenant/pedagang.


8. Menjalankan Transaksi Kas/Biaya Operasional. Setiap penjualan tunai otomatis akan menambah saldo kas sehingga tidak perlu dimasukkan ke transaksi kas. Yang dimasukkan ke transaksi kas seperti pengeluaran listrik, telepon, gaji dan penyetoran kas ke pengelola.

Caranya:
- Klik Transaksi Kas/biaya operasional di desktop
- Klik Tambah. Tanggal, jam, bulan muncul secara otomatis.
- Pilih Jenis transaksi, nama transaksi.
- Masukkan jumlah transaksi di sisi debet atau kredit. Debet akan menambah saldo kas, kredit mengurangi saldo kas.
- Ketik nomor bukti transaksi dan keterangan
- Klik Simpan

9. Melihat Daftar Pending Order. Pending order adalah transaksi penjualan yang belum diselesaikan pembayarannya oleh konsumen. Setiap hari pending order harus kosong. Kalau masih ada pending order berarti harus diselesaikan dengan cara membuka transaksi penjualan, mencari nomor transaksi pending dan memproses pembayaran.
10. Lainnya, misalnya memformat tampilan form dengan cara memberi warna background, mengganti jenis huruf, memperbesar ukuran huruf dan lain-lain. Fitur lainnya mengganti user dan password. Mengganti nama user dan password hanya boleh dilakukan pada sore hari setelah closing (kas kasir di setorkan ke kas pengelola) atau pagi hari sebelum menjalankan transaksi. Kalau mengganti nama user dan password saat transaksi akan berakibat timbulnya 2 saldo kas dengan user yang sama, yang mungkin dapat membingungkan saat penghitungan saldo kas kasir pada saat closing.

Cara mengganti user dan password
- Buka menu maintenance user/password
- Pilih nama user di daftar user
- Ketik nama user baru lalu Enter
- Ketik password lama lalu Enter
- Ketik password baru lalu Enter
- Ketik sekali lagi password baru lalu Enter
- Klik Ok untuk mengkonfirmasi perubahan password.

 Untuk pemesanan Aplikasi Pujasera Versi 1.7 silakan hubungi kami:

LPK Famikom
Jl. Raya Jatinangor No. 297 Hegarmanah Sumedang.
Contak Person : Bapak Taswin Bram

HP 0816 4202307
WA 081546903267
Email : taswinfamikom@yahoo.co.id

Download demo software pujasera klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi 1.7
>

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib