Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) versi 1.7 Plus Dapodikmas

Respons: 0 komentar
Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) kini semakin lengkap dengan ditambahkan aplikasi Dapodikmas (Data Pokok Pendidikan Masyarakat). Selama ini lembaga kursus dan pelatihan memasukkan data Dapodikmas secara online ke situs https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodikmas/

Permasalahan timbul setelah selesai menginput data Dapodikmas. Bagaimana cara mencetak data Dapodikmas dan menyimpan data ke komputer? ternyata agak sulit karena aplikasi Dapodikmas online tidak menyediakan fasilitas cetak ke printer dan filenya tidak bisa diarsip/disimpan ke komputer secara langsung lazimnya sebuah database. Berarti untuk mencetak data harus melakukan cetak layar (print screen) satu per satu jenis data, tentunya memakan waktu cukup lama karena hasil cetak mesti diedit terlebih dahulu di Word.

Aplikasi Dapodikmas online terdiri dari 14 jenis data atau instrumen yaitu:
  1. Identitas umum lembaga, berisi nama lembaga, NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), alamat email, alamat website, NPWP dan lain-lain.
  2. Program/layanan yang diselenggarakan, berisi bentuk layanan, nama program/layanan, kebutuhan khusus.
  3. Bantuan, berisi nama bantuan, tahun, jenis bantuan dan lain-lain.
  4. Akreditasi program/layanan, berisi SK akreditasi, tahun perolehan, tahun berakhir, akreditasi, lembaga akreditasi.
  5. Prasarana, berisi jenis prasarana, nama prasarana, kepemilikan, kondisi prasarana, luas (panjang dan lebar) prasarana.
  6. Sarana, berisi jenis prasarana, jenis sarana, nama sarana dan lain-lain.
  7. Buku dan alat, berisi jenis prasarana, nama buku alat, jenis buku alat dan lain-lain.
  8. Pendidik, berisi nama, jenis kelamin, NUPTK, status pernikahan dan lain-lain.
  9. 17 sub data pendidik atau detail riwayat pendidik dari mulai pendaftaran pendidik, data anak, beasiswa, buku sampai riwayat fungsional.
  10. Warga belajar, berisi nama, jenis kelamin,, NISN, NIK, tempat lahir, tanggal lahir dan lain-lain.
  11. Detail warga belajar, berisi data periodik, data prestasi dan beasiswa peserta didik.
  12. Rombongan belajar, berisi bentuk program/layanan, kurikulum, nama rombongan belajar dan lain-lain.
  13. Detail rombongan belajar, berisi bentuk program/layanan, anggota rombongan belajar, materi pembelajaran
  14. Alumni, berisi nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, agama, status pernikahan dan lain-lain.

Dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP), kami lakukan penggabungan data kebutuhan akreditasi dengan kebutuhan Dapodikmas. Hasilnya berupa aplikasi gabungan Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) dengan Dapodikmas, kami beri nama Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) versi 1.7 Plus Dapodikmas.

Dalam Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) versi 1.7 terdapat beberapa perubahan diantaranya:
  1. Perubahan  gambar login dan Desktop, untuk membedakan versi 1.7 dengan versi 1.6
  2. Kemudahan memilih menu fasilitas pada setiap tab menu dengan ciri warna latar kuning untuk input data, garis bawah untuk link ke Word.
  3. Kemudahan input data berbentuk datasheet seperti Excel akan memudahkan memasukkan data, mengedit data dan menghapus data. 
  4. Kemudahan cetak data ke printer langsung dari form input data.
Dalam Dapodikmas online, input data berbentuk columnar (kolom), sedangkan dalam SIMKP berbentuk datasheet sehingga mempercepat penginputan data.

Keuntungan Dapodikmas dalam Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP)
  1. Semua jenis data dalam Dapodikmas online (14 jenis data/instrumen) bisa dimasukkan ke dalam SIMKP yang terintegrasi/terpadu menjadi satu dengan SIMKP.
  2. Data Dapodikmas dalam SIMKP dapat diubah, dihapus, ditambahkan kapan saja tanpa online.
  3. Data Dapodikmas dalam SIMKP merupakan sumber input data untuk Dapodikmas online.
  4. Data Dapodikmas dalam SIMKP dapat tersimpan dengan baik di komputer.
  5. Untuk menyiapkan kebutuhan data Dapodikmas online diperlukan kertas yang lebih banyak sebanyak instrumen Dapodikmas online, namun Dapodikmas dalam SIMKP kebutuhan kertas dapat dikurangi karena satu halaman kertas dapat memuat banyak data. Dapat dibayangkan kalau ada 100 siswa, berarti perlu disiapkan 100 lembar kertas. Kalau data siswa sudah ada di SIMKP, jika ingin dicetak cukup disiapkan 25 lembar kertas tanpa bolak balik dan 13 lembar bolak balik.
Keuntungan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) plus Dapodikmas
  1. Pendataan yang lengkap dan sistematis untuk kebutuhan Akreditasi dan Dapodikmas online
  2. Terbentuknya laporan keuangan per periode tertentu secara langsung dari proses transaksi penerimaan biaya kursus dari peserta didik beserta pengeluaran. Laporan keuangan yang dihasilkan yaitu neraca, laba rugi, kas dan analisa keuangan.
  3. Aplikasi dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja tanpa perlu keahlian komputer.
  4. Tidak perlu menyusun rumus dan fungsi yang rumit seperti pada Excel karena kami telah memprogram aplikasi yang siap pakai bagi user.
  5. Adanya user dan password sehingga aplikasi hanya boleh digunakan oleh user yang diberi kewenangan oleh pimpinan lembaga.
  6. Tersedia fasilias penyusunan rencana anggaran belanja lembaga (RAPBL) tahunan.
  7. Dan masih banyak fasilitas lainnya..
Berikut kami sertakan screen shot Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) versi 1.7 plus Dapodikmas

Login Aplikasi SIMKP plus Dapodikmas







 





Form Input Dapodikmas
























 Laporan Dapodikmas











Dapodikmas dalam Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) versi 1.7 dapat digunakan secara luas oleh lembaga kursus dan pelatihan, PAUD, Kober, TK, dan lain-lain.

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) versi 1.7 plus Dapodikmas dapat menghubungi kami:

LPK Famikom
Jl. Raya Jatinangor No. 297 Ds Hegarmanah Sumedang
CP Taswin Bram HP 0816 420 23 07, WA 0815 469 032 67
Email: taswinfamikom@yahoo.co.id
Facebook: taswinbram


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib