Input Rencana Anggaran Belanja (RAB) dalam Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Format Akreditasi plus Dapodikmas versi 1.7

Respons: 0 komentar
Salah satu kelebihan aplikasi SIMKP adalah adanya input RAB. Rencana Anggaran Belanja (RAB) merupakan salah satu dokumen penting yang harus tersedia di lembaga kursus dan pelatihan guna memenuhi kebutuhan Akreditasi. Dalam 8 standar pendidikan, RAB terdapat dalam standar ke-7 yaitu standar pembiayaan.

RAB disusun satu tahun sekali. Dalam aplikasi SIMKP versi 1.7, nama RAB digant menjadi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Lembaga (RAPBL).


Komponen RAB sesuai format akreditasi terdiri dari:

A. Komponen Belanja
  1. Investasi SDM
  2. Investasi Sarana
  3. Investasi Prasarana
  4. Operasional Gaji PTK
  5. Operasional Pelayanan Peserta Didik
  6. Operasional Promosi
  7. Operasional Pembayaran Pajak
  8. Operasional Pemeliharaan
  9. Operasional Pengabdian Masyarakat (CSR)
  10. Operasional Lainnya
B. Komponen Pendapatan
  1. Penerimaan atau pendapatan dari Peserta Didik
  2. Lainnya (silakan diisi kalau ada)
Cara Input RAB dalam Aplikasi SIMKP versi 1.7

  1. Pilih atau klik 7-Standar Pembiayaan
  2. Klik Input Komponen RAPBL
  3. Pilih Tahun anggaran misalnya 2018, masukkan Nilai Rencana Anggaran misalnya 1000000000 tanpa tanda titik, kemudian klik Tambah akan tampil form isian berbentuk tabel.
Selanjutnya
  • Pilih kelompok belanja/pendapatan
  • Pilih atau isi komponen RAPBL
  • Masukkan jumlah anggaran atau persentase. Kalau persentase diisi, jumlah anggaran terisi otomatis . Kalau jumlah anggaran diisi, persentase terisi otomatis .
  • Kolom keterangan diisi sesuai kelompok. Untuk kelompok pendapatan, keterangan diisi Jumlah. Untuk kelompok belanja, keterangan diisi Jumlah I, Jumlah II dan seterusnya.
        4. Klik Simpan untuk menyimpan semua data
        5. Keluar dari Input komponen RAPBL.

Selanjutnya Input RAPBL.Yang diinput adalah rincian dari masing-masing komponen RAPBL.
  1. Pilih atau klik 7-Standar Pembiayaan
  2. Klik Input RAPBL
  3. Pilih Tahun anggaran, misalnya 2018, pilih Komponen RAPBL  akan tampil daftar komponen RAPBL yang telah diinput di komponen RAPBL, misalnya Operasional Gaji PTK. Secara otomatis rencana anggaran tertera jumlahnya sesuai jumlah anggaran yang diinput di komponen RAPBL, kemudian klik Tambah akan tampil form isian berbentuk tabel.
Selanjutnya
  1. Ketik nomor urut 1,2,3 dan seterusnya
  2. Ketik uraian, misalnya Gaji Pendidik
  3. Masukkan persentase atau jumlah anggaran misalnya 80000000 tanpa tanda titik. Kalau mengisi persentase, jumlah anggaran terisi otomatis. Kalau mengisi jumlah anggaran, persentase terisi otomatis. Untuk memastikan jumlah anggaran yang diinput telah sama dengan rencana anggaran, di kolom bawah ada kolom jumlah anggaran dan sisa anggaran. Untuk mengetahui sisa anggaran, klik tombol sisa anggaran. Jika masih ada sisa anggaran, input lagi jumlah anggaran sampai sisa anggaran = nol.
4. Jika semua rincian RAPBL diisi, klik simpan. Cara yang sama memasukkan rincian RAPBL untuk komponen RAPBL lainnya.
5. Sebelum cetak, pastikan jumlah belanja = jumlah pendapatan. Klik Cetak untuk melihat hasil input RAPBL, tampilan berbentuk print preview (cetak layar). Lanjutkan tekan CTRL P untuk mencetak ke printer. Hasil cetak RAPBL dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Jika ada pertanyaan seputar penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Format Akreditasi Plus Dapodikmas versi 1.7. dan berminat membeli aplikasi, dapat menghubungi kami :

LPK Famikom
Jl. Raya Jatinangor N0. 297 Ds Hegarmanah Sumedang
Telp (022) 87916188
HP 0816 420 23 07
0815 469 032 67

Kontak : Taswin Bramana 
famikom@software.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib