Membuat Form Login pada Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP)

Respons: 0 komentar

Saatnya menulis....ini adalah tekad saya di tahun 2018. Dengan menulis dapat berbagi ilmu, pengetahuan dan menambah teman serta relasi bisnis.

Pada awal tulisan ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai cara membuat form login dengan pemrograman database Access yang didapat dari hasil praktek selama ini, sedangkan teori didapat dari ilmu dalam buku-buku referensi database khususnya database ACCESS.

Access merupakan aplikasi pengolah data yang sangat populer buatan Microsoft. Access merupakan bagian dari software Microsoft Office, namun ternyata tidak semua orang mau menggunakan Access padahal kalau kita mendalami Access, software ini memiliki 'power' sebagai aplikasi pengolah data yang hebat. Saya sendiri sudah lama menggunakan Access untuk membuat aplikasi database dan sudah puluhan judul aplikasi yang dibuat seperti aplikasi toko konsep minimarket, bengkel dan penjualan sparepart, administrasi penggajian, pujasera, resto cafe, administrasi piutang, distributor, sistem informasi manajemen kursus dan pelatihan, dan lain-lain.

Kita mulai dari membuat form login yang diterapkan dalam aplikasi SIMKP Format Akreditasi plus Dapodikmas versi 1.7

Form login adalah form untuk mengakses atau membuka jalan masuk ke suatu aplikasi dengan identitas tertentu, umumnya identitas berupa nama user dan password. Tanpa nama user dan password tentu tidak akan dapat memasuki aplikasi.

Cara Membuat Form Login

1. Membuat tabel yang berisi field/kolom user dan password
2. Membuat form kosong dengan menggunakan form design, dilengkapi dengan:
  • 2 Textbox. 1 textbox untuk mengisi nama user. 1 textbox untuk mengisi password.
  • 2 tombol (button). 1 button sebagai tombol OK atau login. 1 button sebagai tombol Batal.
3. Membuat kode program. Kode program dibuat dengan bahasa program visual basic application (VBA) yang sudah ada di dalam software Microsoft Access. Kode program dibuat dalam tombol Ok dan Batal sebagai suatu prosedur (event procedure). Prosedurnya adalah ketika tombol OK di klik maka jika user dan password yang dimasukkan sama dengan user dan password yang terdaftar di tabel maka perintah membuka aplikasi SIMKP akan dijalankan. Sebaliknya jika user atau password yang dimasukkan tidak sama dengan user dan password yang terdaftar di tabel maka akan ada pemberitahuan bahwa user/password salah.

Mari kita praktekkan...

1. Membuat Tabel. Pastikan database sudah dibuat. Jika database belum dibuat, buat database baru misalnya SIMKP.
Cara membuat Tabel:

  • Klik Create - Table Design.
  • Buat field user dan pwl. Kemudian atur properties nya

  • Simpan tabel dengan nama tabusr
  • Buka tabel tabusr dengan cara klik 2x secara cepat, kemudian isikan nama user direktur, password dir. Contoh pada gambar di bawah ini.
2. Membuat Form kosong dengan menggunakan Form Design.

Caranya:
  • Klik Create - Form Design.  
  • Pilih Textbox dari toolbox dan pilih button dari toolbox kemudian tempatkan di layar form. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Lanjutkan
  • Ganti Text0 dengan User dan Text2 dengan Password.  Ganti Command2 dengan OK dan Command4 dengan Batal. Cara menggantinya pada bagian caption di property sheet.

  • Klik di form detail warna putih kemudian klik menu Design, Fill/back color pilih dark blue.Masukkan image dengan cara klik design image. Pilih gambar yang diinginkan.
Hasil akhir design login


Lanjutkan membuat coding/kode program VBA
  • Klik tombol OK, buka properti sheetnya klik tab Event on click pilih Event Procedure kemudian klik simbol ... (titik tiga).
Ketik kode di bawah ini

Arti kode:
on error resume next --> jika ada error jalankan perintah sampai selesai

dim nmuser as string --> membuat variabel sementara nmuser sebagai string/karakter/teks

dim pasuser as string ---> membuat variabel sementara pasuser sebagai string/karakter/teks

nmuser = dlookup ("user","tabusr","user = text0.value") ---> mencari field user dari tabel bernama tabusr dimana field user = nilai text0. Hasil dari pencarian disimpan di variabel nmuser. Text0 adalah nama user yang diketik/dimasukkan di form login.

pasuser = dlookup ("pwl","tabusr","user = text0.value") ---> mencari field pwl dari tabel bernama tabusr dimana field user = nilai text0. Hasil dari pencarian disimpan di variabel pasuser. Text0 adalah nama user yang diketik/dimasukkan di form login

If me.text0 = nmuser And me.text2 = pasuser then --> jika nama user yang diketik/dimasukkan (text0) sama dengan nama user di variabel sementara (nmuser) dan password yang diketik/dimasukkan (text2) sama dengan password di variabel sementara (pasuser) maka

Docmd.openform"desktop" ---> buka form desktop (layar tampilan depan aplikasi). Jika desktop belum dibuat, buatlah menggunakan form design berinama form: desktop.

Docmd.close acform,"LOGIN" ---> tutup form login
else ---> jika tidak sesuai dengan pernyataan IF
msgbox "user atau password salah, ulangi lagi",vbexclamation,"gagal login" ---> tampilkan pesan kesalahan "user atau password salah..."

End If ---> mengakhiri IF

Lakukan test login, klik 2x pada form login, ketik user direktur, password dir kemudian klik Ok. Apa yang terjadi? desktop akan terbuka.

Demikian artikel mengenai cara membuat form login dalam aplikasi SIMKP Format Akreditasi plus Dapodikmas, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau kesulitan dalam membuat form login dapat menghubungi saya

Kontak: Taswin
HP: 0816 420 23 07
 0815 469 032 67




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib