APLIKASI PERPUSTAKAAN VERSI 1.7

Respons: 0 komentar

Satu lagi karya LPK Famikom, Aplikasi Perpustakaan versi 1.7

Aplikasi Perpustakaan ini sudah disiapkan sejak tahun 2017 namun baru sempat dipublikasi sekarang.





Aplikasi Perpustakaan versi 1.7 adalah aplikasi perpustakaan
berbasis database untuk mendata koleksi (buku dan non buku), memproses peminjaman, mendata peminjam koleksi, memproses pengembalian dengan cara pembuatan yang praktis, cepat, efisien dan akurat.

Praktis artinya mudah diaplikasikan, mudah digunakan, mudah dijalankan oleh siapa saja tanpa perlu keahlian komputer. Didalamnya berisi input data sesuai dengan fitur yang diinginkan pengguna. Pengguna tidak perlu lagi menyusun rumus-rumus dan fungsi seperti halnya pada Excel. Jadi, pengguna tinggal memakai dan menjalankan aplikasi perpustakaan ini.

Cepat artinya penginputan data dapat dilakukan cepat dengan bantuan tombol-tombol perintah untuk menghasilkan laporan yang diinginkan, seperti bukti peminjaman, bukti pengembalian, laporan peminjaman dan lain-lain.

Efisien artinya hemat waktu, hemat waktu dalam menginput data, menampilkan laporan, mencari data kode koleksi hanya dalam hitungan detik. Kalau cara manual tentu untuk mencari kode koleksi dari ribuan kode klasifikasi perlu beberapa waktu, tetapi dengan aplikasi perpustakaan cukup dalam hitungan detik karena pencarian menggunakan kata kunci layaknya pencarian di Google.

Akurat artinya tepat dalam perhitungan karena menggunakan bahasa program visual basic application (VBA) yang powerful, disusun dengan tingkat ketelitian yang tinggi yang dapat menghasilkan output sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Aplikasi Perpustakaan versi 1.7 dapat digunakan secara luas untuk kebutuhan :
1. Perpustakaan LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan)
2. Perpustakaan LPK (Lembaga Pelatihan Kerja)
3. Perpustakaan Pribadi
4. Perpustakaan Yayasan
5. Perpustakaan Sekolah
6. Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan siapa saja yang memiliki data koleksi buku dan non buku.

Kode koleksi dalam Aplikasi Perpustakaan versi 1.7 mengikuti klasifikasi international yaitu Dewey Decimal Classification (DDC), terdiri dari 10 klasifikasi utama dilengkapi divisi, sub divisi dan seksi. Jumlah kode koleksi yang telah diinput ke dalam aplikasi sebanyak 2559. Dengan kemudahan ini, maka Anda tidak perlu membuat kode koleksi sendiri karena sudah tersedia di dalam Aplikasi Perpustakaan versi 1.7.

Fitur Utama Aplikasi Perpustakaan versi 1.7

1. Login. Login dibuat bertingkat sesuai kewenangan dalam menjalankan aplikasi perpustakaan dari mulai level manager, supervisor, dan staf.





2. Desktop Aplikasi. Desktop adalah tampilan muka/depan aplikasi berisi menu fasilitas dan toolbar Menu letaknya diatas layar, sedangkan toolbar letaknya di depan layar berbentuk simbol dan teks. Dengan toolbar, fasilitas atau fitur dapat diakses dengan satu klik  misalnya toolbar data koleksi. Fasilitas atau fitur dalam aplikasi perpustakaan disusun membentuk FLOWCHART atau alur yang memudahkan Anda untuk menggunakan aplikasi dari mulai awal hingga akhir, sehingga ketika pertama kali membuka aplikasi perpustakaan ini tidak perlu bingung dari mana harus memulainya. Aplikasi perpustakaan ini boleh dikatakan "friendly user".

3. Setting. Setting adalah pengaturan awal. Setting ini pertama kali diisi.

a. Data Perpustakaan seperti nama perpustakaan, alamat, nomor telepon, alamat web.

b. Jenis Koleksi seperti koleksi buku, majalah, CD/DVD.








c. Jenis Keanggotaan seperti siswa, umum. dosen, pendidik, tenaga kependidikan.










d. Hak Akses menggunakan atau menjalankan aplikasi bagi pengguna sesuai dengan kewenangan yang diberikan pemilik perpustakaan.









4. Data Koleksi, berisi daftar koleksi yang dimiliki perpustakaan dilengkapi kolom pencarian koleksi, tombol tambah data baru, edit data dan hapus data. Pengorganisasian yang baik dalam data koleksi akan memudahkan untuk mengecek koleksi yang sudah diinput, memperbaiki data koleksi, menghapus data koleksi yang hilang dan memasukkan data koleksi baru. Dalam pengisian data koleksi baru dilengkapi pencarian kode koleksi sesuai DDC yang memudahkan dalam mencari kode koleksi dalam hitungan detik.




5. Data Penerbit, berisi daftar penerbit yang menerbitkan data koleksi baik buku maupun non buku.



6. Transaksi Peminjaman. Dengan parameter yang telah dibuat dalam setting/pengaturan, koleksi yang boleh dipinjam akan difilter berdasarkan jenis koleksi yang boleh dipinjam sehingga jenis koleksi yang tidak boleh dipinjam tidak akan muncul dalam transaksi peminjaman koleksi. Dalam transaksi peminjaman dilengkapi dengan informasi jumlah koleksi yang boleh dipinjam anggota, tanggal peminjaman, tanggal seharusnya koleksi dikembalikan, denda jika koleksi dikembalikan melebihi tanggal harus dikembalikan serta setiap peminjaman otomatis tercetak bukti peminjaman koleksi. Hasil dari transaksi peminjam otomatis membentuk laporan peminjaman serta filter otomatis koleksi yang sedang dipinjam tidak akan muncul lagi di daftar koleksi.

7. Transaksi Pengembalian. Setiap koleksi yang dikembalikan anggota wajib diinput dalam transaksi pengembalian. Pengembalian koleksi akan menambah kembali koleksi yang sebelumnya telah di filter karena proses peminjaman. Apabila pengembalian melebihi tanggal seharusnya dikembalikan maka secara otomatis anggota akan dikenakan denda per hari keterlambatan.

8. Laporan-laporan.

a. Laporan Kunjungan tamu dan anggota dalam bentuk grafik garis yang dapat dipilih bulanan atau satu tahun. Laporan kunjungan akan terbentuk otomatis jika setiap pengunjung perpustakaan mengisi buku tamu.






b. Laporan Peminjaman berisi informasi daftar peminjam koleksi, koleksi yang dipinjam lengkap dengan tanggal kapan koleksi harus dikembalikan. Laporan peminjaman dapat difilter berdasarkan peiode tertentu.

c. Laporan Pengembalian berisi informasi daftar peminjam koleksi, koleksi yang telah dikembalikan lengkap dengan denda jika ada. Laporan pengembalian dapat difilter berdasarkan periode tertentu.

d. Kartu Anggota. Dapat dicetak per satu anggota atau beberapa anggota berdasarkan tanggal masuk menjadi anggota.






Bagi yang membutuhkan Aplikasi Perpustakaan versi 1.7 dapat menghubungi kami atau silakan mengisi form kontak di bagian depan web lpkfamikom.web.id atau klik disini :

LPK Famikom
Jl. Raya Jatinangor No. 297
HP : 08164202307
Whatsapp : 081546903207
Email: taswinfamikom@yahoo.co.id  ,  lpkfamikomjatinangor@gmail.com
Kontak Person : Taswin
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib