PERUBAHAN FITUR NOMOR MEJA PADA APLIKASI PUJASERA VERSI 1.7

Respons: 0 komentar

Luar biasa ! 

Kata yang tepat untuk menggambarkan ide yang hebat mengenai cara penomoran meja pada Aplikasi Pujasera versi 1.7. 

Ide tersebut dilontarkan oleh salah seorang pengguna Aplikasi Pujasera versi 1.7 yang juga pemilik pujasera di Cianjur, pa Irawan didampingi stafnya, Nisa ketika pelatihan Aplikasi Pujasera versi 1.7 pertengahan Mei 2018, bertempat di LPK Famikom Jatinangor Sumedang. Terima kasih pa Irawan. 

Selama ini penomoran meja dilakukan dengan cara mengetik atau memasukkan angka manual pada kolom nomor meja saat pertama kali menginput order menu penjualan atau saat transaksi order menu penjualan. Tujuannya agar memudahkan dalam memasukkan nomor meja dengan nomor yang tidak dibatasi sesuai konsumen duduk di kursi tunggu pesanan. Namun cara seperti ini ada kelemahannya:
1.  Kasir agak repot harus mengetik nomor meja terutama kalau sedang banyak antrian pembeli.
2.  Pengisian nomor meja secara manual bisa menyebabkan salah ketik dalam kondisi mengetik cepat, misalnya mengetik nomor meja 7 tetapi yang diketik adalah huruf Y atau angka 6 (angka atau huruf berdekatan dengan angka 7).
3.  Pengisian nomor meja setelah nomor order muncul menyebabkan 2 kali langkah kerja seharusnya cukup satu langkah kerja. Langkah pertama menekan tombol order baru. Langkah kedua mengetik nomor meja. 

Perubahan yang dilakukan dalam penomoran meja adalah sebagai berikut:
1. Kasir lebih mudah memasukan nomor meja karena nomor meja sudah tersedia di layar tinggal dipilih atau di klik. Nomor meja tersedia sampai 36 nomor.
2. Nomor meja tidak diketik manual. Nomor meja harus dipilih di layar ketika di awal order maupun ketika transaksi order konsumen ingin pindah meja.
3. Pengisian nomor meja bersamaan dengan input order baru sehingga menghemat satu langkah kerja.
4. Nomor meja yang sudah dipilih ketika order baru diberi tanda warna untuk membedakan nomor meja yang sudah dipakai dengan nomor meja yang belum dipakai. Warna huruf biru artinya nomor meja belum dipakai. Warna huruf hitam/gelap artinya nomor meja sudah dipilih/digunakan.

Cara memilih nomor meja baru pada waktu order baru:
1. Klik tombol Baru (Alt B) untuk memulai order menu penjualan.
2. Pilih nomor meja yang muncul di layar dengan cara klik pada nomor meja warna huruf biru.
3. Layar form nomor meja otomatis ditutup.


Cara mengubah nomor meja saat transaksi order menu penjualan:
1. Pastikan transaksi order sedang aktif. Cek status di sudut kanan atas. Status: Order
2. Klik simbol ... (titik tiga) di atas layar form order menu penjualan, sesaat muncul layar form nomor meja. Pilih nomor meja warna biru. Misalnya nomor meja 3 diubah menjadi nomor meja 4 maka nomor meja 3 akan berubah warna biru dan nomor meja 4 berubah warna hitam.

Nomor 3 sebelum diubah ke nomor 4                   Nomor 3 setelah diubah ke nomor 4
                         










Berikut saya sertakan koding atau kode program penomoran meja.

1. On Click, artinya ketika nomor meja dipilih atau di klik.








2. On Load, artinya ketika layar form nomor meja dimuat atau dibuka















Ternyata koding penomoran meja sederhana khan?

Tersedia pelatihan pembuatan Aplikasi Pujasera dari awal hingga aplikasi jadi siap pakai. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi kami:
LPK Famikom
Jl. Raya Jatinangor no. 297 Sumedang
HP 08164202307
Whatsapp 081546903267
Email: taswinfamikom@yahoo.co.id , lpkfamikomjatinangor@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib