CARA MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROGRAM PKK (SIMP PKK) VERSI 1.9

Respons: 0 komentar
Sistem Informasi Manajemen Program Pendidikan Kecakapan Kerja disingkat SIMP PKK.

SIMP = Sistem Informasi Manajemen Program
PKK = Pendidikan Kecakapan Kerja

Terdiri dari 3 bagian yaitu pra pelaksanaan PKK, pelaksanaan PKK, dan pasca pelaksanaan PKK.

1.  Pra Pelaksanaan PKK

Pra pelaksanaan PKK berarti sebelum dilaksanakannya PKK, meliputi :
  • Pembuatan proposal PKK
  • Penyusunan kurikulum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran PKK
  • Rencana jadwal pelaksanaan PKK
  • Pembuatan daftar sarana prasarana yang digunakan dalam PKK
  • Penyusunan daftar instruktur atau pendidik dan pengelola atau tenaga kependidikan
  • Penyusunan rencana anggaran belanja (RAB) PKK
  • Pembuatan laporan awal beserta lampiran dokumennya
  • dan lain-lain
Dalam SIMP PKK, pra pelaksanaan PKK ditampilkan dalam dashboard berbentuk link-link ke file Word dan Excel. Tujuannya link ke file Word dan Excel untuk memudahkan dan mempercepat pengolahan data yang berbentuk uraian panjang serta struktur data dan format yang berbeda-beda untuk setiap data. Sebagai contoh dalam proposal PKK ada identitas lembaga, dokumen yang harus dilampirkan, kondisi lembaga penyelenggara,  dan lain-lain. Data yang dibuat dengan database hanya akan lebih mudah kalau digunakan dalam format terstruktur dengan format yang sama untuk setiap data. Contoh data peserta, data instruktur dan lain-lain.

Jadi, teman-teman LKP jangan khawatir meskipun SIMP PKK dirancang dengan database tetapi untuk pra pelaksanaan PKK tetap pengolahan data menggunakan Word dan Excel.

Contoh link ke file Word dari Dashboard untuk membuat Proposal PKK
Langkah 1: Klik tombol Proposal PKK, secara otomatis sistem akan membuka file Word ke menu untuk membuat Proposal PKK.




Langkah 2:  Tekan Ctrl + klik pada link warna biru, secara otomatis file Proposal akan terbuka. Selanjutnya teman-teman tinggal memodifikasi proposal sesuai keinginan dan selera masing-masing. Tidak ada link yang ditandai teks warna hitam berarti tidak ada input data atau berupa lampiran copy dokumen

2.  Pelaksanaan PKK

Pelaksanaan PKK berarti dilaksanakannya kegiatan PKK setelah proposal disetujui dan dana kegiatan PKK telah cair, meliputi:
  • Input pengaturan data menyesuaikan dengan LKP masing-masing.
  • Input data peserta PKK tetap atau telah fixed.
  • Input data pengelola PKK
  • Input data instruktur PKK
  • Input jadwal pembelajaran PKK
  • Input rombongan belajar
Input data dilakukan melalui aplikasi database Access dengan source code visual basic  yang "user friendly" yang telah kami desain dengan format standar atau baku berdasarkan pengalaman kami melaksanakan PKK.

Hasil input data akan membentuk output berupa "laporan siap pakai" yang "siap print" karena sudah didesain standar. Kalaupun ada desain yang tidak sesuai, telah kami sediakan menu Design View yang dipassword.


Dalam SIMP PKK, teman-teman harus melakukan login ke aplikasi dari Dasboard SIMP PKK.

Berikut cara menggunakan aplikasi SIMP PKK

Langkah 1: Klik Login, ada 4 user yang bisa digunakan salah satunya user direktur, password dir. Di dalam aplikasi, user dan password bisa diubah atau diganti.


Langkah 2: Input pengaturan awal dimulai dari profil, jenis keterampilan, tambah kota kelahiran peserta, tambah/ubah pendidikan peserta, rombongan belajar dan pengaturan pelaksanaan PKK sesuai LKP masing-masing


Langkah 3: Input data dimulai dari peserta PKK, pengelola dan instruktur, rombongan belajar peserta, rombongan belajar instruktur, jadwal pembelajaran, kuitansi, edit daftar peserta dan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) tempat peserta bekerja setelah selesai PKK.

Langkah 4: Menggunakan laporan. Ada 26 jenis laporan yang sudah disediakan. Laporan akan ditampilkan dalam bentuk atau format cetak layar. Dari cetak layar tinggal tekan Ctrl P atau File- Print untuk mencetak ke printer. Sungguh sangat mudah bukan?






Contoh daftar hadir pembelajaran 

3.  Pasca Pelaksanaan PKK

Bagian akhir dari kegiatan PKK adalah penyusunan laporan akhir, meliputi :
  • Input data peserta yang bekerja atau magang
  • Penyusunan laporan akhir berikut lampiran dokumen
  • Pengiriman laporan akhir kegiatan PKK
Laporan akhir semuanya disusun dalam format Word atau Excel. Di dalam aplikasi SIMP PKK, sudah disediakan link ke file Word laporan akhir, teman-teman tinggal melakukan klik pada link laporan pelaksanaan PKK pada Dashboard.




Informasi lebih lanjut dan pemesanan:


0815 4690 3267


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Daftar Software Terbitan LPK Famikom


1. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.6
2. Sistem Informasi Manajemen Kursus dan Pelatihan (SIMKP) Versi 1.4
3. Agen Air Minum Galon
4. Klinik dan Apotik
5. Aplikasi Bisnis Toko (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
6. Aplikasi Bisnis Resto Cafe (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Versi 1.4 (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
8. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart (kerjasama dengan PT Elex Media Komputindo)
9. Aplikasi Perpustakaan
10. Toko Konsep Minimarket edisi Pro
11. Toko Konsep Minimarket edisi Khusus
12. Komputer Akuntansi
13. Administrasi Penggajian
14. Penjualan Model Cash n Carry
15. Koperasi Konsep Administrasi Bank
16. Bengkel dan Penjualan Sparepart
17. Pabrik Sepatu
18. Registrasi Event Organizer
19. Toko Sparepart Mesin
20. Toko Besi dan Bahan Bangunan
21. Pujasera v 1.6
22. Ongkos kirim JNE
23. Toko Perlengkapan Digital
24. Aplikasi Pujasera Versi 1.7
25. Aplikasi Distribusi Barang
26. Aplikasi Distribusi Kacamata/Optik
27. Aplikasi Bengkel dan Penjualan Sparepart Versi 1.7
28. Aplikasi Pembelian versi 1.7
29. Aplikasi Perpustakaan Versi 1.7
30. Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pemerintah Program Pendidikan Kecakapan Kerja
(SIMBPP PKK)


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © LPK Famikom

Sponsored By: Fast Loading TemplDesigned By: Habib